Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaatkan DBHCHT untuk Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Nganjuk Gelar Pelatihan Merias Wajah Selama 7 Hari

Plt Sekretaris Disnaker Kabupaten Nganjuk, Suwanto, saat menyerahkan perlengkapan pelatihan merias wajah di Aula Disnaker Kabupaten Nganjuk, Kamis (5/9/2024)

Nganjuknews.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, terus berupaya keras menekan angka pengangguran di Kota Bayu, nama lain Kabupaten Nganjuk.

Salah satu upaya Disnaker Kabupaten Nganjuk yakni dengan melaksanakan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi.

Seperti hari ini, Kamis (5/9/2024), pihak Disnaker Kabupaten Nganjuk mengadakan pelatihan merias wajah dengan memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBCHT) 2024.

Berdasarkan informasi yang diterima Nganjuknews.com, pelatihan merias wajah ini berlangsung selama tujuh hari dan dimulai sejak Kamis (5/9/2024) pagi.

Untuk pesertanya ada sebanyak 20 orang. Puluhan peserta pelatihan merias wajah ini sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi oleh pihak Disnaker Kabupaten Nganjuk.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Disnaker Kabupaten Nganjuk, Suwanto berharap, para peserta pelatihan merias wajah ini dapat serius dan bersungguh-sungguh.

Pihaknya berharap para peserta ini bias memanfaatkan ilmu yang didapat selama pelatihan, sehingga dapat menjadi bekal saat mencari atau bahkan membuka usaha sendiri.

“Rias ini menjadi kebutuhan wanita. Jika anda sekalian memiliki keahlian di bidang rias, bukan tidak mungkin anda akan membuka salon,” ujar Suwanto.

“Dengan demikian, maka anda sudah menjadi pekerja mandiri, dan turut mengurangi angka pengangguran terbuka,” lanjut pria yang juga menjabat Kabid Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Nganjuk itu.

Menurut Suwanto, selama pelatihan berlangsung para peserta akan mendapat berbagai materi rias wajah dari instruktur profesional yang telah ditunjuk oleh Disnaker Kabupaten Nganjuk.

“Jika rias anda sekalian bagus, pasti banyak yang suka. Jika banyak yang suka, pasti akan kembali lagi dan menjadi langganan di salon anda,” tuturnya.

Untuk diketahui, pembukaan pelatihan merias wajah ini dilakukan langsung oleh Suwanto, mewakili Plt Kepala Disnaker Kabupaten Nganjuk, Samsul Huda, yang berhalangan hadir.

Pembukaan pelatihan ditandai dengan penyerahan perlengkapan pelatihan seperti tas ransel, modul, hingga kaus pelatihan.

Para peserta juga mendapat alat dan bahan rias. Penyerahan dilakukan Suwanto dan Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnaker Kabupaten Nganjuk Ninuk Siwi Suhartati.

Selain Suwanto Ninuk, juga turut hadir sejumlah stakeholder terkait, seperti perwakilan dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Nganjuk.