Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Eka Haryati Taruna Hadiri Gerakan Pangan B2SA di Sudimoroharjo untuk Tangani Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk, Ny Eka Haryati Taruna, saat menghadiri acara Gerakan Pangan B2SA di Balai Desa Sudimoroharjo, Kecamatan Wilangan, Kamis 22 Agustus 2024

Nganjuknews.com – Pj Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk, Ny Eka Haryati Taruna, menghadiri acara Gerakan Pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) di Balai Desa Sudimoroharjo, Kecamatan Wilangan, Kamis 22 Agustus 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus TP PKK Kabupaten Nganjuk, Forkopimcam, para narasumber, Kepala Desa, dan Kepala Dinas terkait.

Dalam sambutannya, Ny Eka Haryati Taruna menyampaikan bahwa tujuan dari Gerakan Pangan B2SA ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, dan membudayakan pola konsumsi pangan yang B2SA di kalangan masyarakat, sehingga dapat hidup sehat, aktif, dan produktif.

"Kami melakukan sosialisasi ini kepada bapak-ibu sekalian untuk membangun kesadaran akan pentingnya pola konsumsi yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman," ujarnya.

Ny Eka Haryati Taruna juga menekankan pentingnya pemerintah daerah untuk lebih intensif, dan fokus dalam menangani stunting dan percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem.

"Salah satunya melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga dan memberikan gizi yang lebih seimbang di desa-desa lokus kemiskinan ekstrem. Kami juga mengupayakan ketepatan sasaran penerima bahan pangan pokok pada masyarakat miskin sesuai data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE)," tambahnya.

Pelaksanaan Gerakan Pangan B2SA tahun 2024 ini diikuti oleh 100 undangan dari masyarakat Desa Sudimoroharjo, yang merupakan desa lokus kemiskinan ekstrem berdasarkan data P2KE pada aplikasi SIDA Berkat.

Acara ini diakhiri dengan doa bersama, diharapkan kegiatan ini dapat membawa manfaat nyata bagi masyarakat Desa Sudimoroharjo, dan menjadi langkah konkret dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan pangan di Kabupaten Nganjuk.