Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Disnaker Nganjuk Gelar Pelatihan Menjahit Bagi Puluhan Penyandang Disabilitas

Plt Kepala Disnaker Kabupaten Nganjuk Samsul Huda (tengah) secara simbolis menyerahkan tas dalam pembukaan pelatihan menjahit bagi para penyandang disabilitas di Aula Disnaker Kabupaten Nganjuk, Selasa 2 Juli 2024

Nganjuknews.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Nganjuk kembali mengadakan program pelatihan dan pembinaan bagi masyarakat.

Kali ini, sasaran program pelatihan dan pembinaan tersebut dikhususkan bagi para penyandang disabilitas di Kota Bayu, nama lain Kabupaten Nganjuk.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker Kabupaten Nganjuk, Samsul Huda menjelaskan, program pelatihan menjahit bagi para penyandang disabilitas ini diikuti oleh 25 peserta.

Pelatihan yang berlangsung di Aula Disnaker Kabupaten Nganjuk tersebut berlangsung selama sepuluh hari. Adapun pelatihan ini resmi dimulai pada Selasa 2 Juli 2024.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan mengangkat harkat dan martabat kaum disabilitas,” ujar Samsul, Selasa 2 Juli 2024.

Samsul melanjutkan, program pelatihan ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk selalu hadir untuk masyarakat, termasuk para penyandang disabilitas.

"Karena apapun itu, semua orang memiliki kesempatan yang sama. Terlebih dari sisi kekurangan dan kelebihan. Saya berharap kepada njenengan semua, agar tetap semangat mengikuti pelatihan ini," tuturnya.

Melalui pelatihan ini, lanjut Samsul, pemerintah daerah juga berupaya memberikan peluang bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan, agar mempunyai beragam kemampuan untuk perbaikan hidupnya.

Sebab, para penyandang disabilitas juga memiliki hak untuk berusaha dan bekerja sesuai kemampuan yang dimiliki.

"Pelatihan menjahit ini menjadi awal pintu njenengan semua untuk meraih cita-cita dan masa depan. Oleh karena itu, saya harap njenengan bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik," paparnya.

"Karena sebuah kesuksesan yang besar bisa diwujudkan dengan semangat dan belajar yang tekun. Ikuti tahapan pelatihannya dengan baik, dapatkan ilmunya, dan nantinya bisa bermanfaat untuk kesejahteraan jenengan semua," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Nganjuknews.com, pembukaan pelatihan menjahit bagi para penyandang disabilitas di Aula Disnaker Kabupaten Nganjuk, Selasa 2 Juli 2024, dihadiri oleh sejumlah stakeholder terkait.

Di antaranya hadir anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nganjuk Trisna Rosita, dan sejumlah pejabat teras lainnya.