Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

67 Orang Perwakilan Kecamatan se-Nganjuk Ikuti Pelatihan Perdana ‘Omah Tandang’

Kepala Diskominfo Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki, memberikan sambutan saat pembukaan pelatihan keterampilan digital Omah Tandang di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk, Kamis 16 Mei 2024

Nganjuknews.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Nganjuk menggelar pelatihan perdana Omah Tandang (Rumah Talenta Digital Anjuk Ladang) pada Kamis 16 Mei 2024.

Pelatihan keterampilan digital yang berlangsung di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk itu rencananya berlangsung selama lima hari, yakni pada 16, 17, 20, 21, dan 22 Mei 2024.

Berdasarkan informasi yang diterima Nganjuknews.com, pelatihan keterampilan digital ini diikuti oleh 67 peserta.

Mereka terdiri dari 40 orang perwakilan Desa/Kelurahan Percontohan Kampung Digital Anjuk Ladang (DIAL), 20 fasilitator Kampung DIAL, tiga pendamping dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Nganjuk, dan empat Duta Desa Digital.

Kepala Diskominfo Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki menjelaskan, pelatihan keterampilan digital ini merupakan tindak lanjut dari angka indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan smart city yang meningkat cukup pesat.

Menurut Slambas, sapaan karib Slamet Basuki, angka SPBE dan smart city yang tinggi tersebut harus betul-betul berdampak nyata kepada masyarakat.

“Tantangannya adalah bagaimana smart city bisa berdampak nyata kepada masyarakat di Nganjuk,” tutur Slambas.

“Dari pemikiran tersebut kami menghadirkan Kampung DIAL sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor 188/9/K/411.013/2024. Ada 20 Desa/Kelurahan Percontohan di 20 kecamatan yang saat ini menjadi peserta pelatihan,” lanjutnya.

Sementara melalui pelatihan keterampilan digital Omah Tandang, diharapkan dapat mengerek perekonomian masyarakat, terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Nganjuk.

“Bagaiman smart city menghadirkan cuan untuk masyarakat, dengan Omah Tandang masyarakat dilatih, memproduksi, dan memasarkan. Omah Tandang menjadi paket pemberdayaan terpadu bagi masyarakat,” tutup Slambas.

Untuk diketahui, pelatihan keterampilan digital Omah Tandang di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk ini dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna.

Omah Tandang sendiri merupakan layanan terpadu pemberdayaan masyarakat yang memiliki bakat digital. Program ini diprakarsai oleh Diskominfo Kabupaten Nganjuk.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital para pelaku bisnis, terutama pelaku UMKM di Kabupaten Nganjuk.

Ada empat jenis layanan Omah Tandang. Keempatnya yakni pelatihan talenta digital; pendampingan produksi; pelatihan perizinan, promosi dan pemasaran usaha; serta penyediaan website etalase.